Selasa, 08 Januari 2013

Perpus Mobile Turut Cerdaskan Anak Bangsa

Klojen, MC - Untuk lebih meningkatkan minat baca, Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang lebih proaktif menyosialisasikannya melalui berbagai program. Salah satunya adalah dengan mengoptimalkan lagi perpustakaan mobile.
Kepala Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang, Zubaidah
Kepala Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang, Zubaidah

Pada program ini, saat ini di perpustakaan sudah ada dua mobil dan dua motor yang berkeliling setiap hari ke sekolah-sekolah. Lebih khusus, sekolah pinggiran, terutama yang koleksi buku di perpustakaannya monim menjadi prioritas. Dengan demikian, akan memenuhi kebutuhan buku para siswa.
Hal itulah yang disampaikan oleh kepala Perpustakaan umum dan arsip kota Malang, Zubaidah, saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (08/01). Selain itu, dengan adanya program ini, terang perempuan berjilbab ini, dapat membantu mencerdaskan anak bangsa.
Sekolah yang didatangi, terang Ida, jika koleksi bukunya minim, maka bisa dipinjami dari pihak perpustakaan selama kurang lebih satu minggu. “Untuk selanjutnya, apabila sudah satu minggu, nantinya akan diganti dengan buku yang lain,” jelasnya.
Selain untuk memenuhi kebutuhan buku di sekolah-sekolah pinggiran, lanjut Ida, dari petugas tersebut nantinya juga akan menampung saran atau keluhan masyarakat seputar buku. Misalnya saja buku yang dibutuhkan pembaca/siswa tentang apa.
“Jika bukunya di perpustkaan umum kota Malang tidak ada, maka dari info/ masukan pembaca itu akan diakomodiasi saat ada program pengadaan buku. Intinya, kami akan memberikan yang terbaik bagi pembaca,” pungkas Ida. (say/dmb)