Senin, 27 September 2010

Lelang Lukisan Karya Agoes

MPL at Blogger, 29/10/2010

Dikutip dari Harian Surya, Senin 27 September 2010
KLOjen -SURYA- Sebanyak 43 lukisan realis surealis karya pelukis Agoes Dalboes Soe, yang bercerita tentang tokoh Indonesia dan kritik sosial dipamerkan selama tiga hari di Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Malang, mulai Minggu (26/9) kemarin hingga Rabu (29/9).

Di antaranya lukisan bergambar Gus Dur yang berjudul Gitu Aja Kok Repot dan Sang Guru. Agoes membuat lukisan itu karena kagum dengan sosok mantan Presiden RI ke-4 itu, terutama dalam pemikirannya yang pluralis.

Sosok lain yang dibidik oleh Agoes adalah figur pejuang HAM Munir. Saat ditanya kenapa ia melukis sosok Munir dengan santai ia menjawab, ”Oh jika saya melukis sosok Munir itu karena ia tetangga saya mas,” jawab Agoes yang memang berasal dari Kota batu sambil tertawa. Namun buru-buru Agus menambahkan, menurutnya Munir adalah sosok pahlawan yang selalu memperjuangkan keadilan rakyat kecil.

Agoes berharap lukisannya diborong para kolektor, karena hasil penjualan akan disumbangkan ke Panti Rehabilitiasi Anak dan Narkoba Doulos di Songgoriti. n st45

[STM]