Jumat, 17 Januari 2014

Lihat Bangunan Bersejarah melalui Pameran Fotografi

KPAD News, 17/01/14
Salah satu bangunan di Jalan Tumampel Malang yang menjadi bidikan fotografi

Tugas kuliah tidak selalu dalam bentuk lembaran atau jilidan, mungkin ini yang dibuktikan oleh mahasiswa dan mahasiswi jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Merdeka Malang dalam menyelesaikan tugasnya. Grace (20) , salah satu mahasiswi tersebut mengatakan bahwa pameran ini sebenarnya tugas kuliah, tetapi dibalik tugas tersebut kami ingin menunjukkan kepada masyarakat tentang keprihatinan kondisi bangunan tua atau bangunan kuno di Kota Malang yang saat ini banyak yang tak terurus, bahkan banyak pula yang sudah berganti wajah.
Karya fotografi Grace tentang bangunan kuno yang tidak dirawat, bisa dinikmati dalam pameran di Anjungan Ken Arok, Perpustakaan Umum Kota Malang, Jumat (17/1/2014). Pameran bertema "All About Malang", diselenggarakan oleh mahasiswa FISIP Universitas Merdeka Malang ini dengan menampilkan 50 karya fotografi tentang apa saja yanga ada di Kota Malang.
Salah satu bidikan Grace adalah gedung kuno di sudut Jalan Tumampel, yang warna temboknya  lusuh dan berlumut, sehingga menimbulkan kesan gedung tersebut menjadi angker.
Grace juga berharap kepedulian Pemerintah Kota Malang bersama masyarakat untuk peduli terhadap bangunan kuno. "Kalau pemerintah dan masyarakat peduli dan mau merawat, maka gedung kuno itu akan menjadi bagus, wisatawan juga tertarik, untuk nostalgia, tetapi sayang, sekarang kondisinya tak terawat dan terkesan angker,” kata gadis asli Kota Malang itu.
Selain karya dari Grace, juga ditampilkan foto karya Natasha, yang juga mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Merdeka Malang yang berbicara mengenai transportasi umum Kereta Api yang sedang melintas di Kota Malang. Ketua panitia pameran, Ahmad Imam, mengatakan, "Lewat pameran ini, kami ingin mengungkap apa saja yang ada di Kota Malang, kami ingin memberitahukan ke semua masyarakat, kalau Kota Malang mempunyai banyak kunikan dan benda bersejarah, pameran fotografi itu diselenggarakan setiap tahun dan kali ini, yang ketiga kalinya, dalam pameran kali ini, panitia mengambil tema All About Malang". Menurut Ahmad Imam pula, 50 karya fotografi yang dipamerkan tersebut merupakan hasil seleksi yang terbaik. Para peserta mengumpulkan karya untuk diseleksi sejak Oktober-Desember 2013.
Sumber: http://surabaya.tribunnews.com/2014/01/17/lewat-foto-grace-ajak-peduli-bangunan-kuno