Minggu, 09 Februari 2014

Pameran fotografi MCW "Membidik Wajah Pelayanan Publik"


KPAD News, 09/02/14
Suasana Pameran Foto Pelayanan Publik

Dikutip dari: http://www.malang-post.com/tribunngalam/81723-dimeriahkan-teaterdiapresiasi-wawali

FOTO seorang PNS sedang melayani masyarakat disajikan di lantai 3 Perpustakaan Kota Malang. Sepintas pelayanan yang disajikan PNS dalam foto ini adalah hal biasa. Yang luar biasa sebenarnya adalah komitmen sang PNS, sebab foto diambil ketika banjir mencapai tinggi 30 cm.


Karya foto pelayanan dalam situasi banjir itu, adalah salah satu karya foto yang dipamerkan. Selebihnya banyak foto yang mencengangkan dari berbagai daerah di Indonesia. Pameran ini digelar oleh Malang Corruption Watch (MCW). Wakil Wali Kota Malang H. Sutiaji yang membuka pameran foto di Perpustakaan Kota Malang, kemarin.
Pameran bertema “Membidik Wajah Pelayanan Publik” ini menampilkan karya foto dari berbagai daerah di Indonesia. Pameran bakal digelar hingga 11 Februari 2014 mendatang. Sutiaji sangat mengapresiasi pameran tersebut. Sekaligus siap mendukung upaya MCW dalam mendorong adanya reformasi birokrasi dan layanan publik. “Hari ini saya ada empat undangan dan memilih menghadiri launching pameran foto dari teman-teman MCW, saya sangat mendukung langkah-langkah MCW yang mendorong terhadap perbaikan birokrasi dan layanan publik,” urainya.
Bentuk dukungan terhadap pelayanan publik, kata Sutiaji tak sekedar lips service. Pemkot Malang pada Februari ini akan membuat standar pelayanan guna memastikan kualitas layanan publik yang akan diterima masyarakat. Sekaligus untuk menjawab UU no 25 tahun 2009 tentang layanan publik dan peraturan pemerintah no 46 tahun 2012.“Langkah yang diambil Pemkot ini juga merupakan jawaban atas dorongan MCW bersama masyarakat,” jelas Sutiaji.
Pameran ini menampilkan 60 foto dari hasil seleksi lomba atas 1435 karya foto ini. Tujuannya sebagai bentuk kampanye dan pendidikan publik, bahwa kualitas dan kepastian dalam pelayanan publik amat penting. Dan hal ini membutuhkan partisipasi masyarakat dalam mengawasi pelayanan publik masih dirasa kurang. 
“Selain itu, pameran foto ini juga bertujuan untuk menggalang dukungan publik dalam memperjuangkan secara bersama-sama terkait kualitas layanan publik yang harus diterima masyarakat.” jelas Ketua Pelaksana Pameran Foto MCW Farhan Masduq Hidayat kepada Malang Post.
Sejumlah 60 foto yang dipamerkan adalah hasil dari kompetisi foto tingkat nasional yang diadakan oleh mitra MCW yaitu Yappika. Juri dari pameran foto ini pun tidak main-main,yaitu fotografer senior Arbain Rambey, Don Hasman dan ketua ombudsman Danang Girindrawardana . 
Pameran foto yang berlangsung tiga hari sejak tanggal 9-11 Februari 2014, dimeriahkan dengan penampilan beberapa teater yang ada di Malang seperti teater Kata Mati, Celoteh, Rumput Liar, Lembah Ibarat dan Titik. Juga digelar diskusi pelayanan publik, workshop citizen journalism, workshop phothograpy. Serta roadshow ke-16 buku puisi menolak korupsi.